Apakah bahayanya jika seorang remaja terkena diabetes?

 

Apakah bahayanya jika seorang remaja terkena diabetes?

Dulu, diabetes dikenal sebagai penyakit yang hanya menyerang mereka yang berusia senja. Sebabnya saat usia seseorang bertambah, maka kemampuan hormon insulinnya untuk mengatur kadar gula darah akan menurun sehingga bisa berakibat munculnya penyakit diabetes.

db

Namun saat ini karena pola hidup yang tidak seimbang serta banyaknya mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi, tak jarang para remaja juga sudah terkena diabetes. Lantas, apa dampaknya jika buah hati Anda sudah terserang diabetes di usia yang dini?

Obesitas
Memang benar jika diabetes tidak langsung menyebabkan obesitas. Namun jika buah hati Anda mengidap diabetes, maka dia cenderung mudah merasa lemas dan bermalas-malasan, termasuk malas berolahraga. Dan hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Gagal ginjal
Remaja yang menderita diabetes lebih rentan untuk terkena gagal ginjal karena diabetes akan menghambat kemampuan ginjal untuk menyaring racun atau bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh.

Kesehatan jantung menurun
Deposisi gula darah yang tinggi pada arteri akan menyumbat jantung dan membuat dinding pembuluh darah menebal. Oleh karena itu sirkulasi darah menjadi tidak lancar dan menyebabkan kesehatan jantung menurun.

Gangguan penglihatan
Saat berbicara tentang bahaya diabetes pada remaja, Anda tidak bisa menghindari masalah yang berkaitan dengan penglihatan. Sebab diabetes akan menurunkan kesehatan pembuluh darah retina.

Depresi
Ketika seorang remaja terkena diabetes, tak jarang dia harus menghabiskan waktunya dengan minum obat-obatan atau suntikan. Dan hal ini bisa membuatnya mengalami depresi. Oleh karena itu jika buah hati Anda terkena diabetes, maka Anda juga harus mewaspadai hal ini.

Itulah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi pada seorang remaja jika mereka terkena diabetes. Nah, sebelum diabetes menjangkiti, maka hal ini bisa dicegah dengan selalu menerapkan pola makan dan pola hidup sehat sejak dini.

sumber:Merdeka.com

pesan-sekarang-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *